sumber:
http://hafizdarrohman.blogspot.co.id/2015/10/penulisan-3-layanan-informasi-keamanan.html
http://fadlysheridan.blogspot.co.id/2014/12/layanan-telematika-informasi-keamanan.html
A. Layanan Informasi
Penggunaan
telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan,
serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika
juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta
meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat. Wartel dan Warnet memainkan
peranan penting dalam masyarakat.
Warung Telekomunikasi dan Warung Internet ini
secara berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan telepon dan internet,
baik di daerah kota maupun di desa, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses
sendiri di tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh karena itu
langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan
kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan
pendidikan, mengembangkan sentra - sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan
pedesaan, serta menyediakan
layanan “e-commerce” bagi usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan
demikian akan terbentuk balai - balai informasi.
Contohnya:
Contohnya:
A.
Weather,
B. stock
information
C.M–Commerce
D. VOD
E.News and
weather
F.Telematik
Terminal
G.Jasa
pelayanan internet
H.Informasi
lalu lintas terbaru
Keuntungannya:
Masyarakat
khususnya kalangan menengah kebawah dapat merasakan pemerataan teknologi dan
bagi pelajarnya dapat memberikan wawasan yang lwbih untuk menunjang studi
mereka.
Kerugiannya:
Jika
perhatian kepada mereka yang kurangnya informasi dari kebebasan akses yang
mereka lakukan, akan berdampak buruk yang disebabkan pihak yang tidak
bertanggung jawab.
B. Layanan
Keamanan
Layanan
telematika yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan ini menyediakan
fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang
berjalan tidak seharusnya. Layanan
keamanan merupakan layanan yang menyediakanan keamanan informasi dan data.
Layanan ini terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control
dan auditin. layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk
memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau
beroperasi tidak seharusnya. dengan kata lain layanan ini sangat penting untuk
menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang.
Contohnya
:
navigation
assistant b. weather,stock information c. entertainment and M-commerce. d.
penggunaan Firewall dan Antivirus
Keuntungannya:
Masyarakat
pada umumnya dapat merasa lebih aman karena jika terjadi sesuatu yang
diinginkan, mereka dapat langsung menghubungi pihak berwajib dengan teknologi
yang ada. Serta
dapat
mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan
Kerugiannya:
Keamanan
ini juga berdampak buruk jika ada oknum / Hacker yang berniat jahat untuk
membobol suatu sistem keamanan.
C. Layanan Context Aware dan Event-Based
Dalam
ilmu komputer dinyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat
bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan
tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan
oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness.
Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak seluruh panggilan.
Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak seluruh panggilan.
Contohnya :
Vehicle
Diagnostic Service
Keuntungannya:
Dengan
ini si pengguna dapat hak privasi yang lebih tanpa harus melakukan banyak /
otomatis sistem yang telah mengatur agar si pengguna tidak diganggu dalam waktu
yang diinginkan si pengguna.
Kerugiannya:
Si
pengguna tidak tahu / akan terlambat mengetahui jika ada panggilan penting saat
ia tidak ingin diganggu, seperti ia tidak tahu kalau anaknya masuk rumah sakit
ketika ia sedang rapat.
D. Layanan Sumber
Layanan
perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya
manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang
berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola,
pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha,
lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Contohnya :
Yellow pages
service
Keuntungannya:
Tiap
orang dapat bantuan yang lebih dalam yellow pages untuk mencari alamat / nomor
telepon suatu instansi.
Kerugiannya:
Tidak
mudah mencari / tidak cepat karena yellow pages masih dalam bentuk buku. Jadi
orang yang ingin mencari informasi di dalamnya harus mencari secara manual
dengan membaca indeksnya terlebih dahulu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar